Sistem Informasi ( S1 )

Sistem Informasi Program Studi Sistem Informasi adalah kesatuan rencana belajar yang mengkaji, menerapkan dan mengembangkan ilmu yang melandasi rekayasa sistem informasi.

Arah kajian keilmuan dari program studi ini mencakup disiplin, proses, teknik, dan alat bantu yang dibutuhkan dalam rekayasa sistem informasi yang meliputi tahap perencanaan, pembangunan, implementasi dan pemeliharaan Program studi Sistem Informasi Universitas Tjut Nyak Dhien ditujukan sebagai pusat keunggulan penyelenggaraan pendidikan sistem informasi yang dapat membantu meningkatkan kinerja perusahaan melalui pemanfaatan teknologi informasi (TI). Mata kuliah yang diberikan fokus untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan bisnis dan inisiatif yang memungkinkan bisnis memiliki keunggulan bersaing. Antara lain seperti Sistem Fungsional Bisnis, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Proses dan Organisasi TI, Pengembangan Sistem Informasi, Pemrograman Berbasis Web, Manajemen Proyek TI, Manajemen Database, Desain dan Manajemen Jaringan, Manajemen Layanan TI, Manajemen Risiko TI, Perencanaan Strategis Sistem Informasi, Investasi TI, Enterprise Resource Planning (ERP), Manajemen Sains, Business Intelligence, Proteksi Aset Informasi, Tata Kelola dan Audit TI, Pemantauan dan Evaluasi TI, serta Etika Profesi. Lulusan Sistem Informasi sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang menjadikan TI sebagai solusi dalam mendukung proses bisnis, memenangkan kompetisi atau bahkan untuk mendorong terciptanya bisnis-bisnis baru. Antara lain sebagai manajer, wirausahawan, konsultan, akademisi dan profesional TI seperti manajer TI, manajer proyek TI, konsultan ERP, systems analyst, systems programmer, systems administrator, security administrator, quality assurance dan auditor TI di berbagai industri perbankan, keuangan, asuransi, manufaktur, retail, pendidikanm public service, pemerintahan, riset, dan lain-lain.


Visi Program Studi Menjadi program studi dan pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berwawasan global di bidang Informatika yang dapat menghasilkan technopreneur dan tenaga profesional yang unggul.


Misi Program Studi
• Menghasilkan lulusan sistem informasi yang bermoral, beretika serta mau dan mampu
o Memiliki perspektif bisnis yang luas dan jiwa technopreneur o Berpikir kritis dan analitis o Memimpin, berkomunikasi dan bekerjasama dalam tim o Kreatif dalam pengembangan dan penerapan solusi sistem informasi/teknologi informasi
• Aktif dalam penelitian dan pemanfaatan sistem informasi/teknologi informasi yang mensejahterakan masyarakat dan meningkatkan daya saing bangsa.
• Melayani masyarakat dengan mendedikasikan keahlian dan etika kemasyarakatan yang sesuai dengan perkembangan zaman. • Memberikan kepuasan dan kesejahteraan kepada setiap sivitas Sistem Informasi.
Tujuan Program Studi
• Menghasilkan sarjana Sitem Informasi yang memiliki jiwa dan semangat serta budaya kewirausahaan yang kuat, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.
• Menghasilkan lulusan yang mampu mengikuti dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk memberikan solusi maupun mengembangkan kewirausahaan berbasis sistem komputer.
• Mencetak profesional unggul yang memiliki etika profesi yang baik dan kemauan untuk terus belajar dan mengembangkan diri.
• Membentuk sarjana-sarjana Sitem Informasi yang memiliki kompetensi berstandar internasional melalui sertifikasi-sertifikasi.
• Mengembangkan program-program penelitian yang berkontribusi dalam pengembangan teknologi informasi, secara ilmiah maupun terapan, di tingkat nasional maupun internasional.
Kompetensi Lulusan
• Mempunyai sikap profesional dan etika profesi yang tinggi berdasarkan ketaqwaan terhadap Tuhan YME dan kecintaan terhadap tanah air
• Mempunyai wawasan dan menguasai pengetahuan teknologi informasi dan penggunaannya untuk membantu pelaksanaan manajemen dan proses bisnis
• Mampu melakukan rancang bangun sistem informasi berbasis komputer dan mengimplementasikannya dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu tertentu berikut dokumentasinya
• Kemampuan menyelesaikan pekerjaan SI/TI secara mandiri ataupun bekerjasama dalam tim.
• Mempunyai kemampuan untuk mengembangkan bidang ilmu / teknologi atau melanjutkan studinya
Peluang Kerja dan Usaha Lulusan
Software Engineer, System Engineer, System Administrator, Network Administrator, SystemAnalyst, Network Architect, Mobile Application Developer, Software Developer, ComputerEngineer, Network Technician, IT Support, Lecturer/Trainer/Academics, Security Specialist,Systems Developer, Web Developer.
Peluang Kewirausahaan Mahasiswa dan Lulusan
Software House Owner, System Developer, IT Consultant, Project Manager, Reseller (hardware and software), System Integrator, Retailer.

 
 

© 2017 Universitas Tjut Nyak Dhien - By ALGOTECH