Agroteknologi ( S1 )

 

Agroteknolgi  Fakultas Pertanian
Program Studi Agroteknologi adalah suatu program studi yang menerapkan ilmu pertanian dan teknologi yang berkembang pada saat ini dan akan datang.  Dalam Prodi agroteknologi mempunyai rencana belajar yang menerapkan dan menerapkan ilmu yang melandasi pertanian yang berkelanjutan.  Arah kajian keilmuan dari program studi ini mencakup displin, proses, teknik, dan alat bantu yang dibutuhkan dalam pengembangan ilmu agroteknologi yang meliputi tahap perencanaan, pembangunan, implementasi dan pemeliharaan. 
Program studi Agroteknologi  Fakultas Pertanian Universitas Tjut Nyak Dhien ditujukan sebagai pusat keunggulan penyelenggaraan pendidikan agroteknologi yang dapat membantu meningkatkan kinerja agronom, petani dan  perusahaan melalui pemanfaatan, pengetahuan agroteknologi. Mata kuliah yang diberikan fokus untuk memperoleh pengetahuan dan menggali ilmu pengetahuan yang berbasis tehknologi pertanian dalam hal pengembangan tanaman pangan dan hortikultura. 
Lulusan Agroteknologi  sangat dibutuhkan oleh perusahaan atau lembaga negara yang menjadikan prodi ini sebagai solusi dalam mendukung proses bisnis, memenangkan kompetisi atau bahkan untuk mendorong terciptanya bisnis-bisnis baru. Antara lain sebagai Asisten Kebun,  Kosultan,   Wirausaha,  Peneliti Muda, Penyuluh Lapangan di bid.Pertanian , Staff  Bank,  Assisten Laboratorium.  
 
Visi Program Studi
Menjadi program studi  unggul di bidang agroteknologi tanaman pangan dan hortikultura serta berbasis teknologi dan berwawasan lingkungan yang berskala Nasional pada tahun 2025

Misi Program Studi Agroteknologi Tjut Nyak Dhien yang diemban adalah ; 
1.    Pelaksanaan pendidikan dan pengajaran dalam bidang agroteknologi tanaman pangan dan hortikultura yang berwawasan lingkungan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional.
2.    Pengembangan strategi dan model-model pembelajaran yang inovatif  dengan mengoptimalkan sarana, prasarana dan sumber daya yang dimiliki serta memanfaatkan teknologi pembelajaran yang berkualitas dan modern. 
3.    Pengembangan kualitas manajemen, organisasi dan tata pamong yang efektif dengan merujuk kepada standar pendidikan nasional dan penjaminan mutu yang dibakukan. 
4.    Pelaksanaan penelitian dan pengembangan ilmu pertanian yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran agar mampu menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang agroteknologi tanaman pangan dan hortikultura 
5.    Penyelenggaraan berbagai kegiatan  pengabdian kepada masyarakat di bidang agroteknologi tanaman pangan dan hortikultura sebagai wujud kepedulian dan mengangkat harkat, martabat dan kualitas kesejahteraan masyarakat.
6.    Pembinaan sumber daya insani di bidang pertanian yang terintegral antara kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual. 
7.    Pemanfaatan dan pengembangan kerjasama dengan berbagai pihak secara berkelanjutan untuk mendukung kegiatan tri dharma perguruan tinggi khususnya di bidang agroteknologi.

Kompetensi Lulusan 
1.    Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan dan menerapkan Agroteknologi melalui penyelenggaraan tri dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas.
2.    Menghasilkan lulusan yang berjiwa kreatif, inovatif dan profesional di bidang Pertanian khususnya dalam bidang agroteknologi tanaman pangan dan holtikultura.
3.    Menghasilkan lulusan yang memiliki pola pikir ilmiah dan rasional yang berlandaskan ilmu pengetahuan dan teknologi.
4.    Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas dan kepribadian yang cakap.
5.    Menghasilkan lulusan yang kooperatif dan adaptif dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang pertanian.
6.    Menghasilkan produk inovasi di bidang agroteknologi tanaman pangan dan hortikultura yang berwawasan lingkungan 
7.    Menghasilkan lulusan yang mampu menselaraskan antara kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual serta mampu mengembangkan potensinya untuk berwirausaha dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat luas.




Peluang Kerja dan Usaha lulusan 

Assiten Kebun,  Kosultan,   Wirausaha,  Peneliti Muda, Penyuluh Lapangan di bid.Pertanian , Staff  Bank,  Assisten Laboratorium.   
Peluang Kewirausahaan Mahasiswa dan Lulusan
Pembibitan (nursery), Perkebunan,  Agribisnis: tanaman organik, tanaman buah, tanaman hias, kompos, biopestisida, pupuk  organik, tanaman obat.  

 

© 2017 Universitas Tjut Nyak Dhien - By ALGOTECH