Ekonomi Pembangunan ( S1 )

 

Program Studi Ekonomi Pembangunan 

Program Studi Ekonomi Pembangunan memiliki sisitem pengelolaan dan operasional program studi mencakup Planing, Organizing, Staffing, Leading, Controling, serta operasi internal dan eksternal.
Program studi Ekonomi PembangunanUniversitas Tjut Nyak Dhien ditujukan sebagai pusat keunggulan penyelenggaraan pendidikan ekonomi pembangunan di Sumatera Utara. Mata kuliah yang diberikan fokus pada kompetensi dalam pengelolaan sumber daya ekonomi baik instansi pemerintah maupun swasta dengan keterampilan menganalisis kasus, kebijakan dan persaingan  secara fungsional serta mampu melaksanakan tugas sesuai dengan jabatan yang dijalankannya, sehingga dapat memberi sumbangan yang bermanfaat kepada masyarakat memiliki keunggulan bersaing. Mampu melakukan pemetaan terhadap potensi ekonomi baik lokal maupun nasional, serta handal dalam menyusun perencanaan pengembangan ekonomi secara komprehensif, atau mampu menganalisis berbagai problematika keuangan dan perbankan nasional serta internasional, dapat berkontribusi dalam merumuskan konsep pengembangan keuangan dan perbankan nasional. Antara lain seperti kualitas keilmuan dan kemampuan analisis dalam bidang moneter perbankan dan  perencanaan pembangunanMampu menyusun perencanaan strategis baik untuk lembaga pemerintah maupun non pemerintah.
Lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan sangat dibutuhkan oleh Lembaga Penelitian, sebagai perencana pertama, asisten peneliti, asisten analis kebijakan, ekonom pendidik (mengajar ilmu ekonomi sebagai guru atau asisten dosen), analis data, analis pasar, analis bisnis dan keuangan, pengusaha, serta profesi lain yang relevan dengan bidang pengetahuan

Visi Program Studi
Menjadi program studi yang unggul dan terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan dibidang ilmu ekonomi pembangunan berdasarkan nilai-nilai keagamaan, budaya serta mampu melakukan perubahan dalam pembangunan daerah di sumatera utara.

Misi Program Studi
•    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas guna menghasilkan tenaga ahli yang memiliki kepekaan analisis, keterampilan dan keahlian di  bidang ekonomi pembangunan
•  Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan dalam ilmu ekonomi yang bermanfaat bagi perencanaan kebujakan pembngunan, bermanfaat untuk pengembangan kualitas pembelajaran ekonomi
•    Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berinovasi pada pengembangan ilmu ekonomi untuk ketahanan ekonomi bangsa.
•    Mengimplementasikan ilmu ekonomi sebagai pengabdian kepada dunia profesi khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Tujuan Program Studi
•    Menyelenggarakan pendiidkan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang ekonomi.
•    Melaksanakan proses pembelajaran dalam bidang ilmu ekonomi.
•    Mendidik mahasiswa pada jenjang program strata satu sebagai ekonom.
•    Meningkatkan mutu keilmuan dibidang ekonomi dengan kemampuan memanfaatkan teknologi informasi.
•    Memberikan landasan keahlian dan ketrampilan dalam ilmu ekonomi untuk dikembangkan melalui jenjang karir.
•    Menciptakan satu lingkungan, peluang dan kondisi yang tepat untuk memungkinkan dosen dapat mencapai dan memelihara kinerja yang baik dan meningkatkan karir.
•    Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam pengelolaan sumber daya ekonomi baik instansi pemerintah maupun swasta dengan aplikasi secara fungsional serta mampu melaksanakan tugas sesuai dengan jabatan yang dijalankannya, sehingga dapat memberi sumbangan yang bermanfaat kepada masyarakat.

Kompetensi Lulusan
•    Mempunyai sikap profesional dan etika profesi yang tinggi berdasarkan ketaqwaan terhadap Tuhan YME dan kecintaan terhadap tanah air
•  Mempunyai wawasan dan menguasai pengetahuan teknologi informasi dan penggunaannya untuk membantu pelaksanaan manajemen dan proses bisnis 
•    Mampu melakukan analisis terhadap masalah perekonomian dan berbagai permasalah lain yang terkait dengan ekonomi mikro dan makro. 
•   Mampu mengembangkan ilmu ekonomi untuk mengkritisi sekaligus memberikan kontribusi positif terhadap proses pembuatan kebijakan-kebijakan ekonomi di tingkat lokal maupun nasional. 
•    Mampu melakukan pemetaan terhadap potensi ekonomi baik lokal maupun nasional, serta handal dalam menyusun perencanaan pengembangan ekonomi secara komprehensif, atau mampu menganalisis berbagai problematika keuangan dan perbankan nasional serta internasional, dapat berkontribusi dalam merumuskan konsep pengembangan keuangan dan perbankan nasional.


Peluang Kerja dan Usaha Lulusan
Lulusan program studi Ekonomi Pembangunan UTND memiliki prospek kerja ekonomi pembangunan di berbagai instansi pemerintahan dan lembaga negara (BPK, Bappenas), Bank Indonesia, Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian, sebagai perencana pertama, asisten peneliti, asisten analis kebijakan, ekonom pendidik (mengajar ilmu ekonomi sebagai guru atau asisten dosen), analis data, analis pasar, analis bisnis dan keuangan, pengusaha, serta profesi lain yang relevan dengan bidang pengetahuan dan keahlian ilmu ekonomi seperti ekonomi syariah, ekonomi lingkungan, ekonomi kesehatan, dan ekonomi kependudukan.

© 2017 Universitas Tjut Nyak Dhien - By ALGOTECH